Pengertian Nilai Wajar Berdasarkan SPI 2018

0
1076
Pengertian Nilai Wajar Berdasarkan SPI 2018
Pengertian Nilai Wajar Berdasarkan SPI 2018

Pengertian Nilai Wajar Berdasarkan SPI 2018

Nilai Wajar merupakan salah satu dasar Nilai dalam penilaian dan digunakan sebagai dasar nilai untuk tujuan:

  • Penilaian untuk kepentingan Standar Akuntansi Keuangan (SAK);
  • Penilaian ekuitas/aset tak berwujud untuk keperluan Pelaporan Keuangan pada perusahaan terbuka (pasar modal);
  • Penilaian ekuitas/aset tak berwujud untuk keperluan Pelaporan Keuangan pada perusahaan tertutup (tidak terkait/tidak diperuntukan untuk kepentingan pasar modal).

Adapun pengertian atau definisi dari Nilai Wajar berdasarkan SPI 2018, adalah sebagai berikut:

 

SPI 102:

3.17 Nilai Wajar adalah harga yang akan diterima dari penjualan aset atau dibayarkan untuk pengalihan liabilitas dalam transaksi yang teratur diantara pelaku pasar pada tanggal pengukuran. 

a) Definisi Nilai Wajar di atas adalah sesuai dengan definisi dalam PSAK 68. Dalam SPI ini, definisi Nilai Wajar untuk tujuan pelaporan keuangan adalah sesuai dengan persyaratan standar akuntansi yang berlaku (lihat SPI 201 – Penilaian untuk Pelaporan Keuangan).

6.18 Nilai Wajar adalah istilah yang digunakan di dalam akuntansi, yang penting untuk dibedakan dengan Nilai Pasar. Meskipun Nilai Wajar dan Nilai Pasar dapat memiliki besaran yang sama di dalam kondisi tertentu, kedua nilai ini memiliki definisi yang berbeda. Sebagai contoh, estimasi Nilai Wajar mungkin tidak memenuhi persyaratan Nilai Pasar mengenai adanya pasar bagi properti maupun kondisi transaksi.

6.19 Nilai Wajar merupakan konsep yang lebih luas dari Nilai Pasar. Meskipun dalam banyak kasus harga yang wajar antara dua pihak akan sama dengan yang diperoleh di pasar, akan tetapi terdapat kasus di mana penilaian dengan Nilai Wajar akan mempertimbangkan berbagai hal yang diabaikan dalam penilaian dengan Nilai Pasar, seperti pada Nilai Khusus yang timbul karena adanya kombinasi kepentingan.

 

Sumber: SPI 102; SPI 2018.

 

Baca lebih lanjut:

 

Semoga bermanfaat!

Salam,

Asti Widyahari

Property Valuer & Advisor

 

Menurut SPI 2018, nilai pasar didefinisikan sebagai estimasi sejumlah uang yang dapat diperoleh atau dibayar untuk penukaran suatu aset atau liabilitas pada tanggal penilaian, antara pembeli yang berminat membeli dengan penjual yang berminat menjual, dalam suatu transaksi bebas ikatan, yang pemasarannya dilakukan secara layak, di mana kedua pihak masing-masing bertindak atas dasar pemahaman yang dimilikinya, kehati-hatian, dan tanpa paksaan.

 

Baca lebih lanjut mengenai Dasar Nilai lainnya di Penilaian:

  1. Pengertian Nilai Pasar Berdasarkan SPI 2018
  2. Pengertian Nilai Likuidasi Berdasarkan SPI 2018
  3. Pengertian Nilai Wajar Berdasarkan SPI 2018
  4. Pengertian Nilai Penggantian Wajar Berdasarkan SPI 2018

LEAVE A REPLY