Pengertian Objek Penilaian Sesuai Standar Penilaian Indonesia VII 2018

0
307
Objek Penilaian sesuai SPI Penilaian.id
Objek Penilaian sesuai SPI

Halo, ternyata banyak yang mencari topik ini di website Penilaian.id, yaitu mengenai pengertian objek penilaian berdasarkan Standar Penilaian Indonesia (SPI) 2018. Oleh karena itu, mari kita bahas.

Di dalam proses Penilaian Properti, identifikasi mengenai Objek Penilaian berada pada lingkup penugasan dan juga pada isi Laporan Penilaian. Lingkup penugasan (SPI 103) sendiri “mengatur hal-hal yang prinsip dalam kesepakatan pemberian jasa oleh Penilai kepada Pemberi Tugas. Pengaturan itu meliputi, persyaratan minimum yang harus dilaksanakan Penilai. Dasar kesepakatan yang diatur tersebut merupakan bagian dari proses penilaian yang berlaku secara umum dalam praktek penilaian.”

Disebutkan dalam SPI 103, “Objek Penilaian meliputi aset atau liabilit antara lain, real properti, personal properti, bisnis, dan hak kepemilikan finansial.” 

Secara lebih detail mengenai Objek Penilaian, dapat ditemukan pada bagian Pedoman Penilaian Indonesia (PPI), misalnya sebagai berikut.

  1. Tujuan Pelaporan Keuangan: objek penilaian yang akan dinilai merujuk kepada daftar aset tetap sesuai dengan laporan keungan yang harus diperoleh dari Pemberi Tugas. Apabila ada perubahan maka lakukan penyesuaian pada Laporan Penilaian dan pada Lingkup Penugasan. (PPI 01)
  2. Tujuan Perpajakan: objek penilaian merujuk pada daftar aset tetap yang dilaporkan pada SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan yang harus diperoleh dari Pemberi Tugas. (PPI 01)
  3. Tujuan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum: objek penilaian harus berdasarkan kepada Daftar Nominatif dan peta bidang hasil inventarisasi dan identifikasi yang dilakukan oleh Lembaga Pertanahan atau institusi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (PPI 04)
  4. Tujuan Lelang: objek penilaian perlu dinyatakan dalam Lingkup Penugasan antara lain jenis, jumlah dan lokasi aset. (PPI 05)

Di dalam PPI diatur lebih lanjut pula mengenai informasi minimal, perubahan, pengungkapan objek penilaian terkait dengan kesimpulan nilai yang diopinikan, dan lainnya. Oleh sebab itu, mari kita membaca PPI terkait sebelum membuat Lingkup Penugasan maupun Laporan Penilaian.

Semoga bermanfaat!

Asti Widyahari

 

Sumber: SPI 2018.

LEAVE A REPLY