5 Tips Memilih Properti Second

0
877
Tips Memilih Properti Second
Tips Memilih Properti Second

Kali ini kita akan membahas bagaimana tips membeli properti atau rumah second. Tentu Anda dihadapkan pada dua pilihan antara membeli properti second atau baru. Sebenernya keduanya bisa saja menguntungkan dan merugikan, maka dari itu Anda harus pintar–pintar dalam memilih, karena hal itu bisa saja menguntungkan bagi Anda jika hendak membeli properti second.

Ada beberapa keunggulan dari properti second yang mungkin saja bisa Anda dapatkan, di antaranya infrastruktur yang lengkap di sekitar hunian, lokasi yang strategis, harga yang ditawarkan juga tidak selalu mengikuti harga pasar. Berikut beberapa tipsnya:

  • Survei Lapangan

Ini sangatlah penting jika Anda hanya memutuskan sebuah pilihan dalam sebuah gambar saja mungkin itu bisa jadi sebuah penyesalan kelak. Maka dari itu jangan terburu-buru menentukan pilihan, pilih beberapa properti bekas dan lakukan survei untuk melihat kondisi secara langsung, dengan begini Anda yang hendak membeli jadi tahu keadaan properti apakah masih bagus atau tidak.

  • Manfaatkan Jasa Agen

Membeli properti atau rumah tanpa perantara mungkin saja menguntungkan karena Anda bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah tanpa perlu membayar komisi, namun perlu diingat membeli properti second banyak risikonya seperti kondisi dan legalitasnya. Jadi, untuk keamanan, Anda bisa memanfaatkan jasa agen properti.

  • Pelajari Harga Pasar

Kumpulkanlah data-data harga rumah/properti di wilayah tersebut lalu bandingkan tipe rumah yang sama. Dengan mempelajari pasaran harga, akan ditemukan harga yang terbilang wajar dan tidak. Apabila Anda membutuhkan bantuan, maka Anda bisa menghubungi Penilai Properti untuk dapat membantu Anda menilai harga/nilai properti yang layak. Bila Anda kesulitan menghubungi Penilai Properti yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa CekNilai.id yang akan menghubungkan Anda dengan Penilai Properti.

  • Minta Pendapat Pihak Ketiga

Mintalah pendapat pada orang lain terkait properti/rumah idaman Anda. Pihak ketiga tersebut bisa keluarga, pasangan, atau mungkin sahabat Anda sendiri.

  • Kumpulkan Informasi

Kumpulkanlah segala informasi terkait rumah/properti idaman Anda. Misalnya terkait legalitasnya, status tanah dan bangunan, fasilitas dan keunggulannya, dan lain sebagainya, Tentu pengumpulan data ini penting sebagai patokan Anda saat hendak memustukan pilihan.

LEAVE A REPLY