Tips Membeli Rumah Lelang yang Praktis

0
129
Tips Membeli Rumah Lelang yang Praktis
Tips Membeli Rumah Lelang yang Praktis

Tips membeli rumah lelang yang praktis ini digunakan agar Anda  tidak mengalami kerugian. Sebab, meskipun memiliki keuntungan, Anda tetap harus hati-hati.

Tips membeli rumah lelang

Periksalah dokumen rumah yang dilelang

Dokumen – dokumen menjadi hal terpenting yang harus Anda periksa karena dokumen merupakan bukti kepemilikan dari  rumah yang dilelang tersebut, tanpa dokumen-dokumen  yang penting ini, itu akan mendatangkan masalah kedepanya. Inilah beberapa dokumen yang harus Anda periksa:

  1. Sertifikat rumah
  2. Sertifikat tanah
  3. Pajak bumi serta bangunan atau PBB
  4. Izin mendirikan bangunan atau IMB

Dokumen- dokumen yang ada di atas, Anda harus pastikan lengkap tanpa cacat. Sebab jika tidak ada salah satu dari dokumen-dokumen tersebut akan membuat Anda rugi dikemudian hari. selain itu, cermati isi dokumen tersebut.

Periksalah kondisi bangunan

Selain memeriksa  dokumen-dokumen yang telah ada, Anda pun perlu memeriksa kondisi bangunan. Hal ini tentu untuk memastikan apakah bangunan yang akan Anda beli  itu layak atau tidak dan apakah harga yang akan ada tawar sesuai dengan kondisi bangunan atau tidak.

Menjadi peserta lelang

Anda tidak bisa mengikuti lelang jika Anda tidak mejadi peserta dari acara tersebut. lalu bagaiamana caranya untuk menjadi peserta lelang ini? Anda cukup mendaftarkan diri kepada panitia pelaksana lelang dan membayar uang jaminan sebesar 20-50% dari harga lelang.

Apakah uang jaminan ini akan hangus jika kalah dari lelang? Tentu saja tidak, uang jaminan ini akan dikemablikan kepada Anda jika Anda kalah dari lelang. Akan tetapi jika Anda menang lelang maka Anda harus membayar sisanya dalam waktu 5 hari.

Sehingga, penting bagi Anda untuk menyiapkan anggaran terlebih dahulu sebelum mengikuti lelang rumah ini. Jika tidak, Anda sendiri yang akan kerepotan untuk mendapatkan hunian yang Anda mimpikan selama ini.

Itulah 3 tips dalam membeli rumah lelang yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda di masa sekarang maupun di masa yang akan mendatang. Tetaplah cermat sebelum memutusakan membeli rumah lelang.

CekNilai.id

LEAVE A REPLY