Lima Tips Membeli Properti Baru

0
201
Tips Membeli Properti Baru
Tips Membeli Properti Baru

Proses survei langsung menuju lokasi properti baru adalah hal yang sangat penting saat Anda hendak membeli properti/rumah baru agar Anda terhindar dari penipuan oleh yang tidak bertanggungjawab. Membeli rumah sangat penting bagi Anda untuk melihat serta meninjau seluruh aspek tekait rumah yang hendak dibeli. Jika Anda hendak membeli properti, alangkah baiknya menyimak beberapa tips di bawah ini:

  • Perhatikan Lokasi 

Rumah yang lokasinya strategis biasanya akan dibandrol dengan harga yang tinggi, Keuntungannya adalah rumah ini akan cepat untuk bekembang karena memiliki akses yang mudah seperti ke pusat kota, mall, bandara, atau tol. Lakukan beberapa survei saat Anda hendak membeli properti apakah sudah sesuai dengan deskripsi. Intinya adalah pilih lokasi properti sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, misalnya jika Anda hendak membuka usaha kecil – kecilan, lokasi yang dekat dengan jalan raya adalah pilihan yang tepat.

  • Perhatikan Legalitas Tanah dan Bangunan

Usahakan Anda membeli tanah atau bangunan yang sudah dilengkapi dengan sertifikat legal, karena jikalau suatu saat nanti terjadi sebuah masalah sengketa, Anda akan mempunyai bukti kuat untuk membuktikan bahwa tanah dan bangunan tersebut adalah milik Anda. Alhasil kepemilikan tanah dan bangunan tidak bisa diganggu gugat oleh orang lain.

  • Perhatikan Kelayakan Isi Rumah

Rumah yang dibangun di kawasan perumahan atau kompleks biasanya sudah dilengkapi dengan perabotan yang lengkap, seperti peralatan dapur, furnitur, wi-fi dan lainnya. Apabila perabotan yang diberikan lengkap maka harga rumah menjadi semakin mahal. Namun sayangnya kebanyakan developer menyediakan perabotan tidak sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang diharapkan oleh konsumen. Untuk itu, alangkah baiknya Anda membeli rumah dalam keadaan kosong, sehingga Anda bisa mengisi perabotan (furnitur) sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Perhatikan Kondisi Keamanan Lingkungan

Rumah yang terletak dikawasan komplek biasanya memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, karena gerbang masuk utama biasanya akan dijaga oleh penjaga selama 24 jam. Tidak hanya penjaga namun juga sudah dilengkapi dengan CCTV. Namun apabila rumah yang hendak Anda beli di luar komplek sebaiknya adakan ronda malam, agar terciptanya lingkungan hunian yang aman dan nyaman.

  • Perhatikan Cara Pembayaran Rumah

Ada dua metode untuk pembayaran yakni tunai dan cicilan. Perhatikanlah kondisi finansial Anda. Jika tebatas maka cicilan merupakah pilihan tepat, namun perhatikan juga presentase DP, suku bunga , jangka waktu, keterlambatan pembayaran, dan lain-lain.

Oleh: CekNilai.id

LEAVE A REPLY